Musik Nusantara Daerah Jawa Barat

Halo teman-teman, kalian pernah berkunjung ke jawa barat? kalian pernah lihat pertunjungan musik nusantara daerah jawa barat? postingan saya kali ini saya akan menjelaskan apa itu musik nusantara dearah jawa barat.


Di Jawa Barat terdapat beberapa musik nusantara yang tumbuh dan mempunyai ciri khas tersendiri. Musik Nusantara yang tumbuh di Jawa Barat diantaranya ada Calung, ada Angklung, ada Arumba, dan Gending Cianjuran

saya akan menjelaskan tentang calung,Angklung,Arumba dan Gending Cianjuran
simaklah postingan di bawah ini :

1. Calung
Calung adalah seperangkat alat musik daerah jawa barat yang terbuat dari bambu. Teknik permainannya dengan cara dipukuli. alat musik calung makin lama makin berkembang seirama dengan perkembangan tradisinya. Calung berkembang menjadi berbagai macam, misalnya calung gambang,calung gamelan, dan calung jinjing. Calung gamelan adalah jenis calung yang di tata menggunakan semacam jagrak yang mirip gamelan di Jawa Tengah. Calung gamelan, terdiri atas calung melodi, ritme,, dan bas gembong atau gong. Teknik memainkannya sambil duduk. Calung jingjing adalah bentuk calung yang dijingjing atau dapat dibawa kemana-mana. Pemain calung jingjing sambil bermain mereka juga menyanyi dan menari seurama alunan musk yang dilantunkan.

2. Angklung
Alat musik angklung terbuat dari potongan bambu. Cara memainkannya adalah di goyang. saat itu, angklung hampir punah karena hanya dimainkan oleh orang yang minta sedekah sambil berkeliling. Angklung pada zaman dahulu hanya dimainkan di kalangan rakyat pada upacara adat. Akhirnya, oleh Daeng Sutisna, musik angklung dikenalkan kepada masyarakat luas dan diangkat menjadi musik masyarakat. Berkat kerja keras Daeng Sutisna, musik angklung dapat terkenal di seluruh pelosok negri, bahkan sampai ke mancanegara. Kini musik angklung tidaklah dianggap sebagai musik pengemis lagi.

3.Arumba
Arumba adalah singkatan dari alunan rumpun bambu. jadi, seluruh jenis alat musik ini terdiri atas potongan bambu. Permainan arumba adalah permainan angklung yang dilengkapi dengan susunan bambu mirip gambang atau saron yang di bunyikan dengan cara dipukul. Msuik arumba tidak hanya mengiringi lahu-lagu daerah setempat, namun lagu-lagu umum pun dapat di mainkan, Tokoh musik arumba, antara lain Yos Rosadi, Rahmat, Bill Saragih, dan Sukardi.

4. Gending Cianjuran

Gending Cianjuran adalah jenis musik yang menonjolkan vokal khas Cianjuran (salah satu kabupaten di Jawa Barat). Musik ini digunakan untuk sarana hiburan para bangsawan Sunda. Alat musik gending cianjuran terdiri atas kecapi, sulig, dan rebab (kadang-kadang).


kita sebagai bangsa indonesia harus bersyukur kepada tuhan karena telah melimpahkan rahmatnya kepada kita, seperti alat musik dan lain sebagainya

Pengunjung Terbaik adalah pengunjung yang meninggalkan jejak/komentarnya meskipun hanya sekilas saja.
silahkan jika ingin copas, tapi jangan lupa sertakan sumbernya juga

2 Responses to "Musik Nusantara Daerah Jawa Barat"

  1. Pfftttt...
    Artikel epic nih :v
    Jarang banget ada yang mau post ginian, nice gan.. lumayan buat ngingetin gua :3

    ReplyDelete

- Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.
- Berkomentarlah dengan menggunakan akun google.
- Jangan sertakan live link atau semacamnya.